Sosial

Bawaslu Kota Mataram Gelar ToT Pelatihan Saksi Peserta Pemilu

45
×

Bawaslu Kota Mataram Gelar ToT Pelatihan Saksi Peserta Pemilu

Sebarkan artikel ini

MATARAM- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Mataram menggelar Training of Trainer (ToT) bagi para saksi peserta pemilu untuk menguatkan kapasitas para saksi, Selasa (30/1/2024)

Tot tersebut  menghadirkan sejumlah narasumber yang kompeten di bidangnya yakni, Dewi Asmawardhani yang merupakan mantan anggota Bawaslu Kota Mataram Periode 2018-2023, kemudian Drs. H. Darmansyah, M.Si akademisi dari Fispol Universitas Muhammadiyah Mataram dan Eks Ketua Komisioner KPU NTB Suhardi periode sebelumnya.

Dalam paparannya ,Ketua Bawaslu Kota Mataram Muhammad Yusril menekankan pentingnya pemahaman yang sama antara saksi peserta pemilu dalam mengetahui ketentuan dan keabsahan proses pemilu. Ia menekankan pentingnya kehadiran saksi dalam proses pemungutan dan penghitungan suara pada pemilihan umum serentak.

“Oleh karena itu, pelatihan saksi ini menjadi hal yang penting untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang efektif kepada para saksi. Hal ini bertujuan agar mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan baik saat proses pemungutan suara di TPS,” ungkap Yusril.

Melalui ToT ini, diharapkan pemahaman dan pemberdayaan saksi dapat ditingkatkan. Para saksi diharapkan mampu memberikan keterangan jika terjadi perselisihan pada proses pemilu.

“Harapan nanti mereka ini juga mampu mengidentifikasi risiko saat pemungutan dan penghitungan suara, serta memiliki kekuatan mental dan emosional untuk menghadapi kemungkinan risiko di lapangan.

Dengan adanya pemahaman yang baik dan pengetahuan yang memadai, diharapkan proses pemilu dapat berjalan dengan lancar dan demokratis.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *