TravelWisata

Tari The Spirit Of Nusantara Culture Sambut Para Peserta Parade Motocross Lombok-Sumbawa

71
×

Tari The Spirit Of Nusantara Culture Sambut Para Peserta Parade Motocross Lombok-Sumbawa

Sebarkan artikel ini

MATARAM- Tari The Spirit Of Nusantara Culture sambut para peserta parade otomotif Event Motocross Lombok-Sumbawa, Kamis (23/11/2023), sore.

Sebanyak 23 penari tersebut berhasil menghibur para peserta parade otomotif yang datang dari berbagai daerah nusantara. Terlihat para peserta turut bergoyang saat lantunan musik yang mengiringi para penari.

Adapun konsep tarian tersebut menghadirkan percampuran tarian dari berbagai daerah yakni, Kalimantan, NTT, Jawa Bali dan tarian daerah lain.

“Konsepnya itu The Spirit of Nusantara culture, bagaimana kolaborasi dari beberapa provinsi, ini ada enam daerah Enam daerah jadi ada Kalimantan ada Sumatera ada NTT ada Bali ada NTB ada Sulawesi juga,” kata pelatih tari Sanggar Seni Saksak Dance Lalu Suryadi Mulawarman.

Disampaikan Suryadi dengan konsep kolaborasi dari tarian berbagai daerah diharapkan dapatan mewakili dan sekaligus mempromosikan kebudayaan nusantara.

“Kenapa kita ambil kita juga pingin peserta motor cross Ini yang luar daerah itu merasakan oh ternyata ada juga kesenian saya di daerah Lombok ya jadi euforia itu kita harapkan mereka juga senang mereka datang jauh-jauh ternyata juga mereka bisa melihat seni budaya mereka di Lombok dan NTB,” kata Suryadi.

Penampilan seni tari yang dilakukan sanggarnya, lebih ke karya seni tari kontemporer agar dapat diterima oleh generasi milenial masa kini.

“Kalau kita cuman melestarikan dia akan ditinggalkan oleh generasi, tapi bagaimana selain kita melestarikan seni tradisional juga kita angkat kreatif mengembangkan unsur-unsur seni tradisi seni daerah itu menjadi sesuatu yang baru kemasannya,” kata Suryadi.

Parade Otomotif

Ratusan peserta dari berbagai komunitas motor di ndonesia turut meriahkan event Motorcross Lombok Sumbawa yang dibuka, Kamis (23/11/2023).

Ratusan peserta tersebut berasal dari berbagai daerah yakni daerah Surabaya, Jawa Barat, Bali dan yang paling banyak dari NTB.

Adapun berbagai type motor yang ikut parade diantaranya motor costum, motor moge, motor clasic dan komunikasi motor modern.

“Event ini merupakan rangkaian dari Lombok Sumbawa motor cross. Jadi kita mulai dengan parade otomotif yang diikuti oleh semua komunitas  roda dua dan kita berharap ini menjadi stimulus  daripada olahraga otomotif yang ada di Nusa Tenggara Barat,” kata Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB Lalu Herman Mahaputra ditemui di sela-sela kegiatan parade.

Selain motor, parade juga diikuti komunitas roda empat dari NTB. Parade tersebut akan melewati rute dari Kantor Gubernur NTB menuju sirkuit Motor Cross Eks Bandara Selaparang Kota Mataram.

“Kita juga undang komunitas roda empat yang paling tua itu komunitas mobil Jeep Willys. Kita harapkan ini menjadi spirit untuk mengukuhkan kita NTB  sebagai wilayah destinasi sport tourism,” kata Jack sapaan akrab Ketua IMI NTB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *